Berita :: Charitas Hospital Palembang

 

Berita

Hidup Manis Tanpa Diabetes

09 Desember 2019 13:31:04 WIB
 

Kadar gula darah yang terkendali merupakan kunci untuk menghindari atau memperlambat timbulnya komplikasi akibat penyakit diabetes mellitus

Penyebab dibetes dapat dari beberapa faktor. Beberapa faktor penyebabnya ialah faktor genetik, masalah kesehatan dan faktor makanan atau pola hidup tidak sehat. Penyakit ini disebabkan oleh gula darah yang berlebihan pada tubuh.

Namun demikian, penyakit ini tidak akan menimbulkan masalah serius jika gula darah selalu terkontrol dengan  baik. Jiks tidak terkontrol dengan baik, diabetes dapat menimbulkan komplikasi penyakit seperti jantung, strok, gagal ginjal, kebutaan hingga amputasi pada kaki. Komplikasi penyakit itulah yang menurunkan kualitas hidup penderita diabetes. Untuk itu, penderita diabetes harus rutin mengecek gula darah.

Untuk memperdalam pengetahuan mengenai hal ini, Charitas Hospital Palembang mengadakan mini seminar mengenai diabetes mellitus kepada pasien dalam rangka memperingati hari kesehatan dan hari diabetes sedunia yang bertema “Hidup Manis Tanpa Diabetes”

Acara ini diselenggarakan di ruang tunggu lantai 4 gedung rawat jalan dengan pembicara dr. Yulianty Saulina Francisca, SpPD dan mayoritas peserta ialah orangtua. Peserta yang mengikuti seminar ini rata-rata merupakan pasien penyakit dalam yang mengantri untuk berobat. Sembari menunggu giliran, para pasien mendengarkan informasi yang diberikan oleh dr. Yulianty Saulina Francisca, SpPD.

Peserta antusias atas informasi yang diberikan sehingga banyak pertanyaan dan masukan yang baik dalam acara ini. Tidak hanya pertanyaan, ada peserta yang membagikan ceritanya dalam mengidap diabetes.

Kuis-kuis berhadiah juga dilakukan untuk menghidupkan suasana seminar yang bertemakan “Hidup Manis Tanpa Diabetes”, hadiah yang diberikan ialah barang-barang yang didukung oleh pihak Tropicana Slim.

Kerjasama dibangun antara pihak Charitas Hospital dengan Tropicana Slim, sehingga dalam acara seminar ini, Tropicana Slim membuka stand yang menyediakan fasilitas pengecekan gula darah gratis diadakan di stand tersebut.

Pemeriksaan kadar gula darah pada pasien diabetes harus dilakukan berkala, sehingga bisa dipantau apakah diperlukan penyesuaian pola makan atau obat. Hal ini dilakukan demi kesehatan pasien.

img
05 Jan2019

Lowongan Kerja