Indikator Mutu - :: Charitas Hospital Palembang

 

Indikator Mutu

INDIKATOR MUTU

CHARITAS HOPITAL PALEMBANG

Charitas Hospital Palembang berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang aman dan bermutu kepada pasien. Salah satu proses dalam rangkaian peningkatan mutu dan keselamatan pasien itu adalah melakukan pengukuran indikator mutu, baik indikator mutu intra rumah sakit, maupun berpartisipasi dalama pengukuran indikator nasional mutu. Pengukuran indikator  mutu ini sesuai dengan PERMENKES mengacu pada dimensi mutu Pelayanan Kesehatan, yaitu efektif, efisien, tepat waktu, berorientasi pada pasien, adil, aman dan terintegrasi.

Pencapaian indikator ini didapatkan dari proses pengumpulan data, kemudian dianalisa dan divalidasi untuk menjamin keabsahannya.

Salah satu pencapaian indikator mutu pada tahun 2022 ini adalah :

1. Kecepatan Respon Terhadap Komplain

Kecepatan respon terhadap komplain adalah kecepatan rumah sakit menanggapi complain baik tertulis, lisan, maupun mellaui media massa yang sudah diidentifikasi tingkat risiko dan dampak risiko dengan penetapan grading/dampak risiko berupa ekstrim (merah), tinggi (kuning), rendah (hijau), dan dibuktikan dengan data, dan tindak lanjut atas respon time Komplain tersebut sesuai dengan kategorisasi (grading/dampak/ risiko).
Suara pelanggan merupakan masukan yang berharga bagi kami untuk terus memperbaiki diri. Komplain yang diterima dari pelanggan, sesegara mungkin akan kami tindaklanjuti.

2. Waktu tanggap Operasi  Seksio sesarea emergensi

Waktu tanggap operasi seksio sesarea emergensi adalah waktu yang dibutuhkan pasien untuk mendapatkan Tindakan seksio sesarea emergensi sejak diputuskan operasi sampai dimulainya insisi operasi di kamar operasi yaitu ≤ 30 menit. Adapun kategori emergensi yang diukur adalah adalah kaegori 1 (Misalnya : fetal distress menetap, prolaps tali pusat atau tali pusat menumbung, gagal vakum/forsep, ruptur uteri imminent, ruptur uteri, perdarahan ante partum dengan perdarahan aktif).

Kecepatan dalam waktu tanggap pelaksanaan operasi seksio sesarea emergensi akan menentukan keluaran yang baik bagi pasien. Charitas Hospital Palembang terus berusaha untuk memperbaiki sistem untuk dapat memberikan pelayanan yang mendukung sebagai rumah sakit sayang ibu dan anak.

3. Kepatuhan identifikasi pasien

Kepatuhan Identifikasi Pasien Saat Memberikan Layanan adalah perbandingan proses mengidentifikasi pasien yang dilakukan secara benar dibandingkan dengan keseluruhan proses identifikasi pasien yang diamati.

Identifikasi pasien secara benar merupakan satu dari 6 sasaran keselamatan pasien, yang mendukung pelayanan kesehatan yang berorientasi pada dimensi mutu, Charitas Hospital Palembang, menjunjung tinggi implementasi 6 sasaran keselamatan pasien sehingga pasien merasa aman dan nyaman dalam menjalani proses pelayanan kesehatan.