Artikel :: Charitas Hospital KM 7

 

Artikel

Cara Sederhana Merawat Paru - paru

12 November 2012 08:58:00 WIB
 

Paru-paru beratnya hanya sekitar setengah kilogram. Namun begitu paru-paru bisa diisi sampai dengan 5 liter udara. Dalam pernapasan normal kita hanya menggunakan sepersepuluh dari kapasitas paru-paru kita. Dengan demikian rata-rata volume udara yang terhirup untuk sekali bernapas adalah 500 cc. Dari jumlah itu hanya 350 cc saja yang masuk mencapai alveolus (gelembung paru-paru) sebab 150 cc lainnya akan tertinggal untuk mengisi saluran pernapasan.

Mereka yang jarang berolahraga akan terbiasa menggunakan sepersepuluh kapasitas paru-parunya. Dengan begitu, meski sebagian paru-parunya sudah rusak, mereka tidak akan mengetahuinya. Ada pepatah kuno dalam ilmu kedokteran yang mengatakan, "Jika Anda bisa merasakan bahwa Anda memiliki paru-paru, maka ini berarti bahwa kemungkinan paru-paru Anda sedang terancam bahaya."

Pada pernapasan biasa, tidak semua udara yang ada dalam paru-paru akan keluar sewaktu menghembuskan napas. Soalnya, rata - rata akan tersisa sekitar 1.500 cc yang masih dapat diembuskan keluar dengan paksa. Dengan demikian, ada kemungkinan "kotoran-kotoran" yang masih tertinggal dalam paru-paru setiap kali selesai menghembuskan napas.

Seorang perokok boleh jadi mengira telah menghembuskan semua asap rokok yang diisapnya. Akan tetapi, sebenarnya masih ada asap rokok yang tertinggal di dalam paru-paru dan akan keluar hanya jika ia menghembuskan napasnya dengan paksa sampai "habis". Sekalipun semua udara dalam paru-paru telah dihembuskan sampai "habis", masih tetap ada udara yang tertinggal di saluran udara. Volume udara sisa ini sekitar 1.200 cc.

Salah satu cara merawat paru-paru adalah dengan berolahraga. Jenis olahraga yang baik adalah olahraga yang dapat membuat pernapasan lebih cepat dan lebih dalam. Jika sedang tidak berolahraga, Anda bisa melakukan pembersihan paru-paru dengan menarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan kembali sampai habis.

Paru-paru perlu dirawat dengan telaten. Jangan tunggu sampai bisa terasa bahwa ada paru-paru di dalam rongga dada.

Sumber: intisari-online.com, 11 November 2012

Editor: Juandi J.K.

img
17 Apr2020

Apa itu Hemofilia?