Artikel :: Charitas Hospital Kenten

 

Artikel

MERS

03 Juni 2014 08:32:00 WIB
 

PENYAKIT INFEKSIUS YANG MEMATIKAN DI SEKITAR KITA APA ITU MERS? MERS adalah kependekan dari Middle East Respiratory Syndrome – merupakan suatu gejala gangguan saluran pernapasan akut yang disebabkan oleh beta coronavirus. Penyakit ini pertama kali dilaporkan pada tahun 2012 di Arab Saudi.

APA GEJALA MERS?

Kebanyakan penderita MERS mengalami gejala gangguan pernapasan akut yang berat, ditandai dengan demam ≥ 38°C, batuk dan sesak napas. Sekitar 30% penderita ini meninggal. Tetapi sebagian lagi dilaporkan hanya menderita gangguan pernapasan ringan.

APAKAH MERS – CoV MENULAR DARI INDIVIDU KE INDIVIDU?

Ya. Penyakit ini dapat menular di antara individu yang memiliki kontak erat dengan penderita (mis: petugas kesehatan atau anggota keluarga yang serumah).

 

APA SUMBER PENULARAN DARI MERS - CoV?

Sepertinya virus ini berasal dari hewan. MERS-CoV telah ditemukan pada unta di Qatar, Mesir dan Arab Saudi. Namun dibutuhkan informasi lebih lanjut untuk memastikan apakah benar unta, kelelawar dan hewan lainnya berperan dalam penularan virus ini.

APAKAH ADA VAKSIN ATAU OBAT-OBATAN UNTUK MENGATASI MERS - CoV?

Belum. Sampai saat ini belum ada pengobatan yang spesifik untuk penyakit ini. Pengobatan hanya bersifat suportif dan meredakan gejala yang timbul.

BAGAIMANA SAYA DAPAT MELINDUNGI DIRI SAYA?

Lakukan tindakan pencegahan dengan cara:

1. Bersihkan tangan sesering mungkin dengan sabun dan air mengalir, atau gunakan handrub berbasis alkohol.

2. Tutuplah hidung dan mulut Anda dengan tisu apabila batuk atau bersin (terapkan etika batuk yang benar), kemudian buanglah pada tempat sampah yang tersedia.

3. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut Anda dengan tangan yang belum dibersihkan.

4. Hindari kontak erat dengan orang yang sedang sakit, mis: mencium, berbagi gelas minuman, makan di 1 piring yang sama, dsb.

5. Bersihkan dan disinfeksi permukaan yang sering disentuh tangan, seperti; mainan dan gagang pintu.

(Sumber: Centers for Disease Control and Prevention, Atlanta, USA)

img
07 Jan2023

Pencapaian Mutu RS

img
18 Des2014

Kolesterol