Pencapaian Mutu RS - :: Charitas Hospital Kenten

 

Pencapaian Mutu RS

PENCAPAIAN MUTU CHARITAS HOSPITAL KENTEN

JANUARI - DESEMBER 2022

Charitas Hospital Kenten selalu mengedepankan Mutu dan Keselamatan Pasien dalam memberikan pelayanannya. Salah satu cara untuk memonitoring mutu dan keselamatan pasien adalah dengan melakukan pengukuran indikator mutu. Data yang dikumpulkan akan diagregasi dan dianalisa menjadi informasi untuk pengambilan keputusan yang tepat dan akan membantu rumah sakit melihat pola dan tren capaian kinerjanya sehingga rumah sakit dapat mengidentifikasi peluang-peluang untuk perbaikan kinerjanya.

Berikut ini merupakan salah satu pencapaian indikator mutu dari bulan Januari-Desember tahun 2022:

Kepatuhan Cuci Tangan

Tangan merupakan media yang ampuh bagi perpindahan kuman karena tangan sering digunakan untuk memegang benda-benda yang tidak diketahui kebersihannya. Kebersihan tangan merupakan salah satu upaya menjamin keselamatan pasien dan petugas dengan mengurangi risiko infeksi terkait dengan pelayanan Kesehatan. Cuci tangan merupakan salah satu hal sederhana yang dapat dilakukan guna mencegah infeksi/ penyakit.

Charitas Hospital Kenten telah membudayakan cuci tangan di kalangan staf dan melakukan audit secara berkala sehingga angka kepatuhan cuci tangan sudah mencapai standar yang ditetapkan oleh Kemenkes.

Kepatuhan Staf Menggunakan APD

Kepatuhan penggunaan APD adalah kepatuhan petugas dalam menggunakan APD dengan tepat sesuai dengan indikasi ketika melakukan tindakan yang memungkinkan tubuh atau membran mukosa terkena atau terpercik darah atau cairan tubuh atau cairan infeksius lainnya berdasarkan jenis risiko transmisi (kontak, droplet dan airborne).

Charitas Hospital Kenten telah patuh dalam menggunakan APD di kalangan staf dan melakukan audit secara berkala sehingga angka kepatuhan menggunakan APD sudah mencapai standar yang ditetapkan oleh Kemenkes.

 

Waktu Tunggu Rawat Jalan

Waktu tunggu rawat jalan adalah waktu yang dibutuhkan mulai saat pasien kontak dengan petugas pendaftaran sampai mendapat pelayanan dokter/dokter spesialis. Kontak dengan petugas pendaftaran adalah proses saat petugas pendaftaran menanyakan dan mencatat/menginput data sebagai pasien atau pada saat pasien melakukan konfirmasi kehadiran untuk pendaftaran online.

  1. pasien datang langsung, maka dihitung sejak pasien kontak dengan petugas pendaftaran sampai mendapat pelayanan dokter/ dokter spesialis.
  2. pasien mendaftar online, maka dihitung sejak pasien melakukan konfirmasi kehadiran kepada petugas pendaftaran sesuai jam pelayanan pada pendaftaran online sampai mendapat pelayanan dokter/ dokter spesialis.

Waktu tunggu rawat jalan di Charitas Hospital Kenten selama 1 tahun di 2022 sudah mencapai standar yang ditetapkan oleh Kemenkes yaitu > 80% setiap bulannya.

 

Pelaporan Hasil Kritis Laboratorium

Hasil kritis adalah hasil pemeriksaan yang termasuk kategori kritis sesuai kebijakan rumah sakit dan memerlukan penatalaksanaan segera. Waktu lapor hasil kritis laboratorium adalah waktu yang dibutuhkan sejak hasil pemeriksaan keluar dan telah dibaca oleh dokter/analis yang diberi kewenangan hingga dilaporkan hasilnya kepada dokter yang meminta pemeriksaan. Standar waktu lapor hasil kritis laboratorium adalah waktu pelaporan ≤ 30 menit.

Laboratorium Charitas Hospital Kenten telah melaporkan hasil kritis laboratorium ≤ 30 menit dan melakukan audit secara berkala sehingga semua pelaporan hasil kritis laboratorium sudah mencapai standar yang ditetapkan oleh Kemenkes.

 

Kepatuhan Penggunaan Formularium Nasional

Formularium Nasional merupakan daftar obat terpilih yang dibutuhkan dan digunakan sebagai acuan penulisan resep pada pelaksanaan pelayanan kesehatan dalam penyelenggaraan program jaminan kesehatan. Kepatuhan Penggunaan Formularium Nasional adalah peresepan obat (R/: recipe dalam lembar resep) oleh DPJP kepada pasien sesuai daftar obat di Formularium Nasional dalam penyelenggaraan program jaminan kesehatan.

Charitas Hospital Kenten telah patuh dalam penggunaan formularium nasional dan melakukan audit secara berkala sehingga formularium nasional sudah mencapai standar yang ditetapkan oleh Kemenkes.

 

Kepatuhan Terhadap Clinical Pathway

Clinical Pathway adalah suatu perencanaan pelayanan terpadu/terintegrasi yang merangkum setiap langkah yang diberikan pada pasien, berdasarkan standar pelayanan medis, standar pelayanan keperawatan dan standar pelayanan Profesional Pemberi Asuhan (PPA) lainnya yang berbasis bukti dengan hasil terukur, pada jangka waktu tertentu selama pasien dirawat di Rumah Sakit. Kepatuhan terhadap clinical pathway adalah proses pelayanan secara terintegrasi yang diberikan Profesional Pemberi Asuhan (PPA) kepada pasien yang sesuai dengan clinical pathway yang ditetapkan Rumah Sakit.

Charitas Hospital Kenten telah patuh untuk menjalankan Clinical Pathway dan melakukan audit secara berkala sehingga Clinical Pathway sudah mencapai standar yang ditetapkan oleh Kemenkes.

 

Kecepatan Waktu Tanggap Komplain

Kecepatan waktu tanggap komplain adalah rentang waktu Rumah sakit dalam menanggapi keluhan tertulis, lisan atau melalui media massa melalui tahapan identifikasi, penetapan grading risiko, analisis hingga tindak lanjutnya.

Grading risiko dan standar waktu tanggap komplain:

  1. Grading Merah (ekstrim) ditanggapi dan ditindaklanjuti maksimal 1 x 24 jam sejak keluhan disampaikan oleh pasien/ keluarga/pengunjung. Kriteria: cenderung berhubungan dengan polisi, pengadilan, kematian, mengancam sistem/ kelangsungan organisasi, potensi kerugian material, dan lain-lain.
  2. Grading Kuning (tinggi) ditanggapi dan ditindaklanjuti maksimal 3 hari sejak keluhan disampaikan oleh pasien/ keluarga/pengunjung. Kriteria: cenderung berhubungan dengan pemberitaan media, potensi kerugian immaterial, dan lain-lain.
  3. Grading Hijau (rendah) ditanggapi dan ditindaklanjuti maksimal 7 hari sejak keluhan disampaikan oleh pasien/ keluarga/pengunjung. Kriteria: tidak menimbulkan kerugian berarti baik material maupun immaterial.

Charitas Hospital Kenten telah cepat menanggapi komplain dari pasien/ pengunjung Rumah Sakit, sehingga waktu tanggap komplain di tahun 2022 sudah mencapai standar yang ditetapkan oleh Kemenkes.

Kepuasan Pasien

  1. Kepuasan pasien adalah hasil pendapat dan penilaian pasien terhadap kinerja pelayanan yang diberikan oleh fasilitas pelayanan kesehatan.
  2. Responden adalah pasien yang pada saat survei sedang berada di lokasi unit pelayanan, atau yang pernah menerima pelayanan.
  3. Besaran sampel ditentukan dengan menggunakan sampel dari Krejcie dan Morgan.
  4. Survei Kepuasan Pasien adalah kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh fasilitas pelayanan kesehatan kepada pasien.
  5. Unsur pelayanan adalah faktor atau aspek yang terdapat dalam penyelenggaraan pelayanan sebagai variabel penyusunan survei kepuasan untuk mengetahui kinerja unit pelayanan.
  6. Unsur survei kepuasan pasien dalam peraturan ini meliputi: a. Persyaratan. b. Sistem, Mekanisme, dan Prosedur. c. Waktu Penyelesaian. d. Biaya/Tarif. e. Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan. f. Kompetensi Pelaksana. g. Perilaku Pelaksana. h. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan. i. Sarana dan prasarana.
  7. Indeks Kepuasan adalah hasil pengukuran dari kegiatan Survei Kepuasan berupa angka.

Charitas Hospital Kenten sudah mencapai kepuasan pasien di atas 80%, dimana pasien puas dalam pelayanan yang diberikan oleh Charitas Hospital Kenten, sehingga kepuasan pasien di tahun 2022 sudah mencapai standar yang ditetapkan oleh Kemenkes.