Berita :: Charitas Hospital

 

Berita

HARI JANTUNG SEDUNIA 2021

18 Oktober 2021 15:12:55 WIB
 

HARI JANTUNG SEDUNIA 2021

AYO GUNAKAN HATI UNTUK TERHUBUNG

 

“Saat ini orang usia 40-an sudah terkena penyakit jantung,” tegas dr.Mangiring P.L.Toruan, SpJP (K) FIHA dokter spesialis jantung Charitas Hospital Palembang. Usia muda tidak menutup kemungkinan terkena penyakit jantung. Bahkan dokter lulusan Kedokteran Universitas Indonesia ini juga ikut menjelaskan, jika mereka yang usia muda umumnya terkena penyakit jantung karena gaya hidupnya. “Gaya hidupnya, misalnya banyak makan, tidak berolahraga dan banyak merokok.”

 

Dalam kesempatan Hari Jantung Sedunia dengan tema Use Heart to Connect, Dokter yang saat ini berpraktek di Charitas Hospital Palembang ini menjelaskan tiga poin penting dalam tema tahun ini untuk edukasi penyakit jantung. Tujuannya agar semua orang dapat meminimalisir penyakit ini.

Pertama: KESETARAAN, artinya semua orang memiliki kesempatan yang sama dalam pelayanan kesehatan penyakit jantung ini, meskipun terisolir wilayahnya. Dengan layanan digital kita sudah bisa berobat atau melakukan konsultasi online, tanpa harus datang ke rumah sakit. Contohnya di Charitas Hospitals. Siapapun dari daerah manapun bisa langsung berkonsultasi.

 

Kedua, semua orang diajak untuk bersama-sama melakukan PENCEGAHAN SECARA DINI. Pencegahan ini menurut Dokter Ahli Jantung ini dapat dilakukan melalui beberapa langkah :

 

  1. Mengenali diri kita

Dalam mengenali diri, kita perlu melihat adakah faktor yang bisa dikontrol atau yang tidak bisa dikontrol. Contohnya yang bisa dikontrol adalah, penyakit diabetes, darah tinggi, kegemukan, dan merokok sedangkan untuk yang tidak bisa dikontrol misalnya usia, jenis kelamin, dan juga bawaan penyakit jantung dari orang tua.

 

  1. Mengontrol faktor risiko

Setelah mengetahui faktor risiko yang kita miliki kita harus mengontrolnya. Terutama kita kontrol faktor risiko yang bisa dikontrol seperti adanya penyakit diabetes, darah tinggi dengan cara makan obat-obatan, konsumsi makanan bergizi, dan juga berolahraga 5 kali dalam satu minggu. Selain itu hal yang mudah dan dapat langsung kita lakukan dan dampaknya besar adalah berhenti merokok.

 

Ketiga, pesan terakhir dari tema Hari Jantung Sedunia 2021 adalah KOMUNITAS. Artinya dengan adanya komunitas kita dapat saling berbagi ilmu, bercerita dengan yang lain jika memiliki keluhan dan tentunya membuat atau mengikuti acara-acara yang berkaitan dengan kesehatan jantung.

 

Kunci keberhasilan penanganan penyakit jantung adalah DETEKSI DINI dan PENANGANAN SEGERA. Bagi pasien yang sudah mengalami gangguan penyumbatan tingkat lanjut dapat dipasang ring, tetapi bagi yang tidak memungkinkan dilakukan pemasangan ring, dapat menggunakan layanan EECP (Enhanced External Counter Pulsation) dari Charitas Hospital Palembang. “Layanan ini adalah terapi bagi pasien yang mengalami penyempitan pembuluh darah, namun tidak bisa dipasang ring. Manfaatnya dapat mengurangi  50 % penggunaan obat Nitrogliserin dan kualitas hidup pasien menjadi lebih baik,”  jelas dr. Mangiring.

 

LAYANAN EECP CHARITAS HOSPITAL PALEMBANG:

 

CONTACT PERSON: 

0711 - 353 375 ext. 491