Berita :: Charitas Hospital Arga Makmur

 

Berita

KEGITAN PROMOSI KESEHATAN BERSAMA PROLANIS “LANSIA BAHAGIA” PUSKESMAS PERUMNAS

12 Agustus 2019 08:05:51 WIB
 

Promosi Kesehatan Rumah Sakit Hana Charitas (Charitas Hospital Arga Makmur) dibawah koordinasi Bagian Umum yang memiliki fungsi sebagai mediator institusi rumah sakit ke masyarakat luar dan masyarakat rumah sakit. Dalam menjalankan fungsinya bagian Promosi Kesehatan Rumah Sakit Hana Charitas (Charitas Hospital Arga Makmur) juga bertanggung jawab terhadap kegiatan promosi rumah sakit.

Keberadaan Promosi Kesehatan Rumah Sakit dalam sebuah rumah sakit dapat menjadi jembatan penghubung antara rumah sakit dengan masyarakat. Pada dasarnya tujuan dari PKRS adalah terciptanya masyarakat rumah sakit yang menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat melalui perubahan pengetahuan, sikap dan perilaku pasien Rumah Sakit serta pemelihaaan lingkungan Rumah Sakit yang termanfaatkan dengan baik semua pelayanan yang disediakan Rumah Sakit Hana Charitas (Charitas Hospital Arga Makmur).

Selain itu juga petugas PKRS Rumah Sakit Hana Charitas (Charitas Hospital Arga Makmur) juga menyediakan media informasi berupa, leaflet, poster dan spanduk. Media ini untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai jenis pelayanan, biaya pelayanan, jadwal dokter dan peraturan - peraturan yang berlaku di Rumah Sakit Hana Charitas (Charitas Hospital Arga Makmur).

Pada tanggal 6 Agustus 2019 Tim PKRS Rumah Sakit Hana Charitas (Charitas Hospital Arga Makmur) Promosi kesehatan bersama Prolanis “Lansia Bahagia” Puskesmas Perumnas.

Adapun Tujuan Kegiatan adalah:

  1. Memberikan edukasi kepada masyarakat lansia yang ada dalam pengawasan Puskesmas Perumnas.
  2. Memberikan Informasi kepada masyarakat tentang pelayanan yang ada di Rumah Sakit Hana Charitas (Charitas Hospital Arga Makmur )
  3. Menjalin kerjasama dan kehangat dengan masyarakat dan fasilitas kesehatan terkait.

Kegiatan tersebut di ikuti oleh beberapa komponen antara lain:

  1. Anggota Grup prolanis “Lansia Bahagia”
  2. Karyawan Puskesmas Perumnas
  3. Tim PKRS
  4. Dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Hana Charitas (Charitas Hospital Arga Makmur)
  5. Tim gizi Rumah Sakit Hana Charitas (Charitas Hospital Arga Makmur)

Metode kegiatan berupa edukasi langsung di lapangan ( lapangan Puskesmas ) dengan tahapan.

  1. Memberikan Edukasi tentang osteoprosis.
  2. Memberikan edukasi tentang gizi lansia.
  3. Memberikan informasi tentang jenis pelayanan yang ada di rumah sakit.
  4. Tanya jawab antara peserta prolanis dengan pembicara/educator.

Kegiatan ini sangat di sambut hangat oleh para peserta posyandu lansia, dikarenakan kegiatan sharing seperti yang di lakukan oleh TIM PKRS Rumah Sakit Hana Charitas (Charitas Hospital Arga Makmur) yang langsung menghadirkan Dokter Spesialis Penyakit Dalam ( dr. DN. Prastowo Sp.PD) bersama tim gizi.

Tidak lupa sambutan hangat dari Kepala Puskesmas Prumnas Arga Makmur beserta jajarannya. Harapan besar bahwa kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara rutin dengan  menghadirkan dokter spesialis yang lainnya. Karena kegiatan ini sudah di dasari dengan MoU antara Rumah Sakit Hana Charitas (Charitas Hospital Arga Makmur) dengan puskesmas prumnas arga makmur.