Sejarah Rumah Sakit - :: Charitas Hospital Arga Makmur

 

Sejarah Rumah Sakit

Karya Kesehatan Rumah Sakit Hana Charitas (Charitas Hospital Arga Makmur) tidak dapat dilepaskan dari sejarah awal datangnya tawaran dari Romo Endrokaryanto SCJ kepada Kongregasi Suster Santo Fransiskus Charitas. Setelah  itu datanglah Suster Martha FCH, Suster Antoni FCH, Dan dr. Hardi Darmawan di utus untuk meninjau lokasi yang tepat untuk membangun komunitas baru tersebut. Ternyata ada dua pilihan rencana lokasi yaitu daerah Manna di Bengkulu Selatan dan Muko – muko di Bengkulu Utara. Di dalam proses penentuan lokasi di daerah Manna ternyata tidak mungkin untuk di bangun komunitas baru karena masyarakat Manna menolak kehadiran Charitas sedangkan di daerah Muko – muko jalan lintas Barat Sumatera arah Padang yang kini telah menjadi Kabupaten baru.

Semula Kabupaten Bengkulu Utara tepatnya di daerah Arga makmur bukan menjadi pilihan lokasi untuk membangun Rumah Sakit.Ternyata umat di Arga Makmur dengan gigih berjuang dan antusias mengusahakan segala urusan yang berhubungan dengan pemerintah dalam hal perizinan pembangunan. Untuk memperlancar usaha itu lima pemuka umat membentuk panitia dengan Ketua Bapak Andi Prianto. Setelah menemukan tempat untuk membuka banguna baru maka Suster Maria Martha FCh, Suster Maria Antoni FCh, Suster Maria Marienta FCh dan Suster Maria Getrudis FCh datang kembali ke Bengkulu untuk melihat dan mengetahui segala sesuatu yang menyangkut dana.

Setelah perizinan pembangunan ( IMB ) turun mulailah pembangunan Charitas di Arga Makmur tepatnya didesa Rama Agung Kecamatan Kota Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara. Pembangunan gedung dilakukan tahun 2000 – 2002.Dalam perjalanan pembangunan tersebut sempat terhenti karena adanya kesalahan konsep panitia. Panitia lebih dahulu meminta izin dari Dinas Pekerjaan Umum baru kemudian  ke Dinas Kesehatan. Hal ini kurang tepat karena untuk membuka karya baru di bidang Kesehatan harus melaporkan dahulu kepada Dinas Kesehatan.

Setelah mendapat persetujuan baru boleh mendirikan bangunan.Sesudah melakukan perbaikan prosedur maka pembangunan di lanjutkan kembali.Pembangunan di awasi oleh Pastor Egidius Warsito SCJ dan Pastor Yohanes Wua Waleng SCJ. Setelah gedung Komunitas Arga Makmur selesai di bangun tanggal 03 Juni 2002 dan kongregasi mengutus empat orang Suster pertama yang membuka komunitas baru dan pelayanan di Arga Makmur yaitu Suster Maria Leonarda FCh, Suster Maria Anselma FCh, Suster Maria Maximiliani FCh, dan Suster Mikaela FCh. Mereka tiba di Biara Arga Makmur pukul 18.00 Wib di antar oleh Suster Maria Zita FCh, Suster Maria Martha FCh, Suster Maria Getrudis FCh, Suster Maria Marieta FCh dan beberapa karyawan.

Sebagai Pemimpin komunitas adalah Suster Maria Anselma FCh yang memimpin hingga pertengahan Januari 2004.Suster Maria Anselma FCH pindah tugas ke komunitas Santo Fransiskus Palembang.Selanjutnya yang memimpin komunitas adalah Suster Maria Leonarda FCh.

Awalnya karya kesehatan Charitas belum dapat berjalan karena surat izin resmi untuk membuka karya kesehatan belum turun meskipun para Suster dan tenaga sudah siap. Sebenarnya surat izin turun tanggal 26 Juli 2002, Tetapi peresmiannya baru dilakukan tanggal 05 November 2002. Peresmian di awali perayaan misa syukur oleh Vikjen Keuskupan Agung Palembang yaitu Pastor Yuswito SCJ dan di lanjutankan dengan pemberkatan Biara dan kendaraan Ambulance.Setelah resmi di buka Charitas melayani rawat jalan karena izin berlaku mulai 26 Juli 2002 s / d 03 Maret 2003.Perawatan observasi selama dua hari izin turun Oktober 2003 s / d 03 Maret 2004.

Melalui proses yang cukup lama dan sulit akhirnya Rumah Sakit mendapat izin menjadi Rumah Sakit Pratama dengan nama HANA CHARITAS pada tanggal 26 Juli 2005 – 26 Juli 2006. Dan peresmian Rumah Sakit Hana Charitas di selenggarakan tanggal 31 Agustus 2005, di awali perayaan misa syukur oleh Uskup Agung Palembang Mgr. Aloysius Sudarso SCJ. Peresmian di lakukan oleh Bupati H. IMRON ROSYADI, pejabat Bupati sementara serta Putu Sura SKM, Kepala Dinas Kesehatan yang sangat mendukung keberadaan Charitas di Arga Makmur.