Indikator Mutu Charitas Hospital Arga Makmur - :: Charitas Hospital Arga Makmur

 

Indikator Mutu Charitas Hospital Arga Makmur

Charitas Hospital Argamakmur berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang aman dan bermutu kepada pasien. Salah satu proses dalam rangkaian peningkatan mutu dan keselamatan pasien itu adalah melakukan pengukuran indikator mutu, baik indikator mutu intra rumah sakit, maupun berpartisipati dalam pengukuran indikator nasional mutu. Pengukuran indikator mutu ini sesuai dengan PERMENKES mengacu pada dimensi mutu pelayanan kesehatan, yaitu efektif, efisien, tepat waktu, berorientasi pada pasien, adil, aman dan terintegrasi.

Pencapaian indikator ini didapat dari proses pengumpulan data, kemudia dianalisa dan di validasi untuk menjamin keabsahannya.

Salah satu pencapaian indikator mutu pada tahun 2022 ini adalah:

1. Kepatuhan Identifikasi Pasien

Kepatuhan Identifikasi Pasien saat memberikan layanan adalah perbandingan proses mengidentifikasi pasien yang dilakukan secara benar di bandingkan dengan keseluruhan proses identifikasi pasien yang di amati.

Identifikasi pasien secara benar merupakan satu dari 6 sasaran keselamatan pasien yang mendukung pelayanan kesehatan yang berorientasi pada dimensi mutu.

Charitas Hospital Argamakmur  menjunjung tinggi implementasi 6 sasaran keselamatan pasien sehingga pasien merasa aman dan nyaman dalam menjalani proses pelayanan kesehatan.

2. Waktu Lapor Hasil Tes Kritis Laboratorium ≤ 30 menit

Hasil kritis adalah hasil pemeriksaan yang termasuk kategori kritis sesuai kebijakan rumah sakit dan memerlukan penatalaksanaan segera. Sedangkan waktu lapor hasil kritis kritis laboratorium adalah waktu yang dibutuhkan sejak hasil pemeriksaan keluar dan telah di baca oleh dokter atau analisis yang diberi kewenangan hinggga di laporkan hasilnya kepada dokter yang meminta pemeriksaan.

Charitas Hospital Argamakmur terus berusaha untuk memperbaiki sistem untuk dapat memberikan pelayanan yang mendukung sebagai rumah sakit yang siap dan tanggap.

3. Kepatuhan Penggunaaan Alat Pelindung Diri (APD)

Alat Pelindung Diri (APD) adalah perangkat alat yang di rancang sebagai penghalang terhadap penetrasi zat, partikel padat, cair atau udara untuk melindungi pemakainya dari cedera atau penyebaran infeksi atau penyakit. APD digunakan sesuai dengan standar dan indikasi. Charitas Hospital Argamakmur selalu berusaha meningkatkan kepatuhan pengguna APD agar petugas dan pasien selalu terlindungi.