Berita :: Charitas Hospital Palembang

 

Berita

Kerjasama dengan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

26 April 2019 09:10:07 WIB
 

Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma (USD) menerima kunjungan dari pihak Rumah Sakit RK. Charitas Palembang (Charitas Hospital Palembang) pada Jumat, 12 April 2019 dan Rabu, 25 April 2019. Pada kunjungan tersebut, Rumah Sakit RK. Charitas Palembang diwakilkan oleh dr. B. Freddy Suharto selaku Direktur Umum Yayasan Rumah Sakit Charitas; dr. Harsono Santoso, MARS selaku Direktur Umum dan SDM Rumah Sakit RK. Charitas Palembang; serta dr. Mieke Febrina, MKes., MH. Kes.

Kunjungan dari pihak Rumah Sakit RK. Charitas Palembang adalah dalam rangka pembahasan perjanjian kerja sama antara Rumah Sakit RK. Charitas dengan Fakultas Farmasi USD tentang kegiatan tri dharma perguruan tinggi, terkhusus pada Program Studi Profesi Apoteker (PSPA). Rumah Sakit RK. Charitas merupakan Rumah Sakit yang bernaung di bawah Yayasan Rumah Sakit Charitas. Pada awal pertemuan, Dr. Yustina Sri Hartini, Apt selaku Dekan Fakultas Farmasi USD memaparkan visi dan misi Fakultas Farmasi USD, nilai-nilai dasar USD, dan motto dari Fakultas Farmasi USD yakni e-QCC (Excellent in Quality, Competitiveness, and Care) yang merupakan turunan dari motto USD (Cerdas dan Humanis). Setelah itu, Dekan Fakultas Farmasi USD bersama Dr. Agatha Budi Susiana Lestari, Apt selaku Ketua PSPA memaparkan proses penerimaan mahasiswa baru dan perkuliahan di PSPA USD. PSPA USD menerima mahasiswa baru sebanyak dua kali dalam setahun yaitu di bulan Februari dan Agustus, di mana pada bulan Januari dan Juli sudah mulai pembukaan pendaftaran mahasiswa PSPA USD. Ditekankan pula bahwa PSPA USD tidak hanya menerima lulusan Program Sarjana Farmasi dari USD, namun juga menerima lulusan Program Sarjana Farmasi dari universitas lain. Hal ini membuat PSPA USD memiliki mahasiswa yang cukup beragam dan dapat saling melengkapi satu sama lain. 

dr. B. Freddy Suharto selaku Direktur Utama menjelaskan bahwa Yayasan Rumah Sakit Charitas memiliki 6 rumah sakit dan 3 klinik yang berpusat di Palembang. Tiga rumah sakit di bawah naungan Yayasan Rumah Sakit Charitas memiliki tipe D, C, dan B. dr. B. Freddy Suharto menjelaskan lingkup kerja sama antara Rumah Sakit Charitas dengan Fakultas Farmasi USD antara lain: pemberian beasiswa ikatan dinas kepada calon mahasiswa PSPA USD yang telah diterima, kesediaan memberikan fasilitas untuk pelaksanaan penelitian di Rumah Sakit Charitas kepada pihak Fakultas Farmasi USD (mahasiswa Magister Farmasi USD maupun dosen Fakultas Farmasi USD), kesediaan dosen Fakultas Farmasi USD berbagi ilmu dan memberikan bimbingan bagi tenaga kefarmasian Rumah Sakit Charitas. 

Dinyatakan oleh dr. Harsono Santoso, MARS bahwa alasan mereka menjalin kerjasama ini adalah karena tertarik dengan lulusan USD. Lulusan USD khususnya PSPA dianggap memiliki kompetensi dan keunggulan yang sesuai dengan minat Rumah Sakit Charitas tentunya sebagai usaha untuk selalu memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik. Sebagai bukti kesungguhannya, pihak Rumah Sakit Charitas juga mengatakan akan membantu memfasilitasi dan memberikan bantuan akomodasi bagi mahasiswa PSPA USD yang ingin melaksanakan praktek kerja di Rumah Sakit Charitas. Pihak Rumah Sakit Charitas juga memiliki rencana untuk mengikuti kegiatan job fair dari Fakultas Farmasi USD yang dilaksanakan dua kali setiap tahunnya pada bulan Februari dan Agustus guna menyaring apoteker-apoteker lulusan USD yang berkompeten. 

dr. B. Freddy Suharto menambahkan, terkait dengan beasiswa yang diberikan merupakan beasiswa penuh selama studi di PSPA USD. “Ikatan dinasnya 4 tahun. Beasiswa 100% biaya pendidikan, pelaksanaan praktek kerja profesi apoteker di rumah sakit yang dimiliki oleh Yayasan Rumah Sakit Charitas, maupun praktek di rumah sakit yang berada di Yogyakarta.” jelasnya. Dr. Yustina Sri Hartini, Apt berharap dengan adanya kerja sama antara Fakultas Farmasi USD dengan Rumah Sakit Charitas dapat memberikan manfaat bagi Rumah Sakit Charitas dan kebutuhan mahasiswa terkait dengan studi juga dapat terpenuhi. “Diharapkan mahasiswa memanfaatkan kesempatan ini untuk semakin mengembangkan diri, khususnya dalam meningkatkan kemampuan di bidang kefarmasian.” tambah Yustina. 

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua pihak, telah dilaksanakan pada Kamis, 25 April 2019 di Kampus III USD, Paingan. Dalam acara tersebut, dari pihak Fakultas Farmasi USD hadir Dr. Yustina Sri Hartini, Apt. selaku Dekan; Dr. Dewi Setyaningsih, Apt. selaku Wakil Dekan; dan Dr. Agatha Budi Susiana Lestari, Apt. selaku Ketua Prodi Profesi Apoteker. Sedangkan dari Rumah Sakit RK. Charitas Palembang hadir dr. B. Freddy Suharto selaku Direktur Umum Yayasan Rumah Sakit Charitas; dr. Harsono Santoso, MARS selaku Direktur Umum dan SDM Rumah Sakit RK. Charitas Palembang; dan Ibu Tyas. Penandatanganan MoU tersebut sekaligus menandai mulai berlakunya perjanjian kerja sama antar kedua belah pihak. 

Charitas Hospital Palembang bekerja sama dengan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta untuk pengadaan Tenaga Apoter. Semoga kerjasama ini berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan.

 

 

img
05 Jan2019

Lowongan Kerja