Penanganan Varises dengan RFA - :: Charitas Hospital Palembang

 

Penanganan Varises dengan RFA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TENTANG VARISES

Pembengkakan pembuluh darah balik (vena) karena gangguan pada katup pembuluh darah. Kasus ini ditemukan 35% pada wanita dan 20% pada pria umur > 20 tahun.

APA PENYEBABNYA ?

Alasan terbentuknya varises belum diketahui secara pasti. Namun permasalahan dasarnya adalah rusaknya katub pembuluh darah. Normalnya pembuluh darah vena mengangkut darah dari kaki ke jantung, namun karena ada kegagalan pada katub pembuluh darah pada vena menyebabkan darah mengalir kea rah sebaliknya yaitu kea rah kaki bagian bawah, sehingga darah tertampung di kaki dan menyebabkan pembengkakan. Kerusakan katub pembuluh darah ini berhubungan dengan faktor keturunan, posisi berdiri atau duduk dalam periode yang lama, dan riwayat kehamilan berulang-ulang.

APA TANDA DAN GEJALA VARISES ?

Tanda dan gejalanya, antara lain :

Tanpa Gejala : Biasanya dialami pada meraka yang aktif sehigga otot mengkompensasi pada fungsi pembuluh darah vena. Gejala Tingkat Sedang : Gatal dank ram di sekitar pembuluh darah yang bengkak. Biasanya gejala ini memburuh pada waktu berdiri atau duduk dalam waktu yang lama. Parah : Terjadi pemborokan, perdarahan atau trombophlebitis.

BAGAIMANA PENCEGAHAN VARISES ?

Olahraga teratur : Berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menguatkan pembuluh darah, terutama olahraga seperti jalan kaki atau lari. Menjaga berat badan : Kegemukan akan menambah tekanan pada kaki. Jangan duduk dengan menyilangkan kaki. Tinggikan kaki saat istirahat atau tidur. Jangan duduk atau berdiri dalam waktu lama. Hindari penggunaan pakaiak yang ketat atau sepatu hak tinggi. Makan seimbang dengan cukup asupan serat dan kurangi konsumsi garam.

TENTANG CLOSURE RADIOFREQUENCY ABLASI

Closure Radiofregquency Ablasi adalah prosedur invasive kasus varises dengan sedikit rada nyeri dan tidak meninggalkan bekas jika disbanding dengan prosedur penanganan varises dengan metode Striping atau dengan penembakan sinar laser.

PROSEDUR CLOSURE RADIOFREQUENCY ABLASI

Menggunakan Closure Radiofregquency Ablasi, dokter akan menutup varises dengan memasukkan Closure Catheter ke dalam pembuluh darah dan melaukan pemanasan terkontrol oleh Radiofrequency Generator (RFG) di dinding pembuluh darah, sehingga lapisan kolagen pembuluh darah akan mengerut dan akhirnya menutup.

KEUNGGULAN CLOSURE RADIOFREQUENCY ABLASI

Hanya dibutuhkan Rawat Jalan / One Day Care : Prosedur ini tidak memerlukan pembedahan, dilakukan dengan penggunaan jarum dan pemberian anastesi local. Pasien dapat segera beraktifitas ringan atas petunjuk dokter penanggung jawab beberapa jam setelah tindakan. Minim rasa nyeri : Data Klinis menunjukkan bahwa psien lebih sedikit merasakan nyeri jika disbanding dengan metode bedah striping ataupun bedah laser.

Skala nyeri :

0 : tidak nyeri

10 : Amat nyeri