Yoga Kesehatan - :: Charitas Hospital Palembang

 

Yoga Kesehatan

Yoga kesehatan di RS. RK. Charitas merupakan olahraga yang mengkombinasikan gerakan bagian tubuh dan membutuhkan konsentrasi, ketenangan serta kondisi tubuh yang rileks atau santai pada saat melakukannya.

Yoga kesehatan di RS RK Charitas merupakan olahraga yang mengkombinasikan gerakan bagian tubuh dan membutuhkan konsentrasi, ketenangan serta kondisi tubuh yang rileks atau santai pada saat melakukannya. Dengan mengikuti Yoga Kesehatan di RS RK Charitas akan mendapatkan beberapa manfaat antara lain :

1. Pembaruan energi

a. Energi penuaan

Berbagai posisi yoga yaitu anti penuaan dan anti gravitasi. Berbagai proses tersebut dapat mengurangi pengeriputan organ atau otot yang ditimbulkan oleh proses penuaan dan pengaruh proses gravitasi yang terus-menerus.

b. Menjadi tetap bugar

Yoga merupakan cara yang baik untuk membentuk postur tubuh. Berbagai posisi yoga dapat menyehatkan berbagai organ dan membentuk otot - otot yang panjang dan langsing.

2. Perbaikan sirkulasi

Posisi – posisi yoga akan membawa perbaikan sirkulasi darah dan kelenjar getah bening diseluruh tubuh..

3.Menghilangkan penyait kronis dan mengurangi stress

Berbagai penyakit kronis pada umumnya, atritis, osteoporosis, obesitas, asma, penyakit jantung, dapat disembuhkan dengan latihan program hatha yoga secara teratur. Yoga dapat menanggulangi stress dengan memanfaatkan kesadaran, pemusatan dan berbagai teknik pernapasan. Gerakan-gerakan yang lembut, relaksasi yang mendalam dan meditasi.

4.  Membantu menjadikan rileks

Teknik pernafasan tertentu dapat mengendalikan pernafasan dan pikiran. Teknik pernafsan dapat membuat tubuh terasa lebih sehat. Sistem pernafasan dan sistem saraf menjadi tenang dan kuat, dan seluruh sel menerima kekuatan hidup dan makanan dari pernafasan.

5. Peningkatan kepadatan tulang

Beberapa penelitian menemukan bahwa individu yang melakukan yoga selama enam bulan maka kepadatan tulang punggungnya meningkat, sementara pada individu yang tidak melakukannya tidak terdapat perubahan dalam tingkat kepadatan tulang mereka.

6. Keseimbangan emosi

Gerakan yoga seperti menekuk tubuh ke depan adalah posisi tubuh yang berpusat pada diri sendiri, dan karena itu memiliki dampak menenangkan, mengurangi gejolak dan kegelisahan.

Sedangkan menekuk punggung ke belakang adalah gerakan yang berorientasi pada keadaan di luar tubuh yang mmbawa kegembiraan, membantu membuka tubuh dan melepas emosi-emosi yang tertahan seperti kesedihan dan rapatan.

Dengan mengikuti layanan yoga, pikiran yang tenang, damai, dan rileks dapat mempengaruhi akibat-akibat yang ditimbulkan karena adanya stres yang negatif.

 

Keunggulan Yoga Kesehatan RS RK Charitas

 Keselamatan pasien diperhatikan dengan :

Pemeriksaan kesehatan dibawah pengawasan dokter/ perawat Pengawasan instruktur saat layananan yoga kesehatan dilaksanakan Fasilitas pertolongan pertama pada kecelakaan di ruangan yoga Alat proteksi selama menjalani layanan yoga Pengawasan mutu dan keamanan alat saat dipakai oleh klien/pasien