Perinatologi - :: Charitas Hospital Palembang

 

Perinatologi

Bayi yang membutuhkan perawatan medis akan dirawat di Unit Perinatologi. Adapun bayi yang dapat dirawat di Unit Perinatologi Charitas Hospital Palembang adalah bayi cukup bulan sampai berusia 28 hari dan bayi kurang bulan atau bayi dengan berat badan lahir rendah.

Unit Perinatologi memiliki fasilitas Neonatal Intensive Care Unit (NICU) dan ruang perawatan bayi biasa. Bayi yang dirawat di NICU umumnya adalah bayi sakit kritis yang membutuhkan alat bantu napas atau topangan obat penguat jantung, dan bayi lain yang membutuhkan pemantauan dan perawatan ketat. Ruang NICU menyediakan fasilitas alat bantu napas berupa continuous positive airway pressure (CPAP), noninvasive ventilation (NIV), dan ventilator. Bayi di NICU akan dirawat oleh dokter spesialis anak dengan keahlian khusus di bidang Perinatologi. NICU juga menyediakan perawat yang handal dan teliti yang akan memberikan pelayanan selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Perawatan bayi di NICU mungkin dapat menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi orangtua, karena bayi umumnya dirawat di inkubator, memakai berbagai selang yang dimasukkan ke dalam tubuh, baik selang/sonde lambung, infus untuk pemberian nutrisi, selang untuk penyuntikan antibiotik, selang untuk alat bantu napas, kabel pengukur suhu tubuh, dan lain sebagainya. Namun, semua ini diberikan dengan satu tujuan, yaitu agar semua kebutuhan buah hati Bunda dapat terpenuhi dengan baik dan agar ia dapat segera kembali sehat. Bayi yang sudah stabil dapat dipindahkan dari NICU dan dirawat di ruang perawatan bayi biasa. Bayi yang dari semula mengalami sakit namun tidak membutuhkan perawatan ketat seperti halnya di NICU dapat dirawat di ruang perawatan bayi biasa.

Deteksi Ketulian Anak Sejak Dini

Sejak bayi baru lahir, dapat dideteksi ketuliannya yaitu menggunakan alat Oto Acoustic Emissions (OAE). Alat OAE bekerja untuk mendeteksi dini ketulian pada anak, dapat dilakukan pada anak usia 2 hari, dan menggunakan metode deteksi tidak invasif dan aman bagi bayi

Alat Oto Acoustic Emissions (OAE)