Meditasi - :: Charitas Hospital Palembang

 

Meditasi

 MEDITASI DAN PENYEMBUHAN

Meditasi merupakan metode pemusatan pikiran dan perasaan untuk mencapai keadaan hening dan kedamaian pikiran.Meditasi kesehatan adalah satu teknik meditasi yang dapat dikembangkan oleh semua orang tanpa dibatasi oleh agama dan kepercayaan. Latihan ini bertujuan untuk menguatkan pikiran melalui konsentrasi agar pikiran menjadi lebih sadar dan bijaksana (membuat pikiran harmonis). Penderitaan, apakah itu sakit, penyakit, kecemasan, kesedihan,depresi, putus asa dan sebagainya merupakan kodrat manusia yang tidak dapat dihindari. Manusia jatuh dalam penderitaan ketika harapan, keinginan dan kebutuhannya tidak terpenuhi.

Menurut Sigmund Freud, setiap manusia mempunyai dorongan dari dalam diri untuk mendapatkan kenikmatan (the will to pleasure), kekuasaan (the will to power), mengumpulkan uang (the will to money), dan pemuasan sek (the will to sex). Sedangkan Abraham Maslow menyebutkan bahwa motivasi hidup manusia digerakkan untuk memenuhi berbagai aneka tingkat kebutuhan : fisiologis, rasa aman, cinta, penghargaan dan aktualisasi diri. Sekali lagi, ketika kebutuhan tidak terpenuhi manusia merasa menderita. Penderitaan tidak ditentukan oleh faktor eksternal atau peristiwa, melainkan oleh pikiran dan perasaan yang diciptakan oleh manusia sendiri. Ketika pikiran dan perasaan kita memperbolehkan kita menderita, maka saat itu kita jatuh dalam penderitaan. Melalui meditasi kita belajar untuk mengelola pikiran dan perasaan. Ketika pikiran dan perasaan dapat dikendalikan maka kita dapat merasakan ketenangan dan kedamaian hidup.

Menurut Paul, melalui teknik hening (meditasi), kita akan mendapatkan banyak manfaat seperti :

Kita akan lebih bersikap positif Kita akan merasakan lebih hidup, lebih sehat dan bijaksana Kita akan mempunyai kapasitas lebih untuk dapat menanggulangi masalah Kita akan mendapatkan kemajuan dalam kewaspadaan mental dan akan berpikir serta bertindak lebih kreatif Kita akan makan lebih baik, tidur lebih baik, mencintai dengan lebih baik. Kita akan lebih toleran Kita akan lebih menghargai hidup

Kalangan kedokteran kita telah memberikan tempat bagi metode meditasi untuk mencapai perbaikan klinis bagi pasien. Banyak penelitian berusaha mengungkap peran kedua metode tersebut. Victor Sierna dkk (2007) menuliskan bagaimana peran terapi mind – body (meditasi, relaksasi, hypnosis dan biofeedback) dalam pengobatan nyeri kepala. Berdasarkan hasil penelitian yang mereka kaji, relaksasi dan meditasi dapat menurunkan nyei kepala dengan sangat bermakna. Laporan dari jurnal Science (1970), American Journal of Physiology (1971) dan Scientific American (1972) menyatakan bahwa kunjungan ke dokter para pelaku meditasi (dengan masa meditasi selama 5 tahun), 50 % lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah menjalani meditasi (Srikandi W dan Budhi M, 2010).

SIAPA YANG PERLU MENGIKUTI MEDITASI ?

Bagi Anda yang mempunyai kesulitan psikologis seperti mudah cemas, kuatir, gelisah, putus asa, sedih, dan sebagainya. Bagi Anda yang mempunyai gangguan kesehatan secara fisik yang mengharapkan ketenangan, kesembuhan, hidup lebih sehat. Bagi Anda yang sehat, yang mendambakan kedamaian secara batin, ketenangan dalam pikiran, dan dapat menjaga kesehatan secara holistik.

BAGAIMANA BENTUK LAYANAN MEDITASI ?

Pelayanan konsultasi di Klinik meditasi Pelatihan Meditasi Terapi Pelatihan Meditasi kelas regular, meliputi dan praktek, berlangsung 8 kali pertemuan

Materi Meditasi Terapi :

Tahap pertama; penjelasan singkat dan berlatih meditasi untuk melatih konsentrasi, kesadaran, dan kelembutan (cinta kasih) Tahap kedua; penjelasan singkat dan berlatih meditasi untuk melatih kebijaksanaan. Tahap ketiga; berlatih menggunakan pikiran harmonis untuk merasakan badan. Tahap keempat; berlatih untuk melakukan penyembuhan dengan teknik Meditasi Kesehatan Bali Usada.

 

Materi Meditasi Reguler ( Per Minggu )

I. Penjelasan umum tentang Meditasi Kesehatan dan manfaatnya. Dilanjutkan dengan melatih konsentrasi.

II. Diawali dengan latihan meditasi untuk melatih kesadaran. Dilanjutkan dengan penjelasan tentang energi yang membentuk badan manusia; genetik, makanan, temperatur, pikiran, perbuatan.

III. Diawali dengan latihan meditasi untuk melatih kebijaksanaan. Dilanjutkan dengan penjelasan tentang susunan badan; badan kasar, badan meridian, badan cakra, dan badan mental.

IV. Latihan meditasi untuk menguatkan cinta kasih. Selanjutnya peserta diajak untuk mengenal komponen pikiran; pikiran netral, pikiran baik, dan pikiran buruk.

V. Mulai berlatih untuk menggunakan Pikiran Harmonis dengan merasakan badan bagian demi bagian. Peserta diajak untuk mengetahui proses munculnya energi baik dan energi buruk di dalam diri kita masing-masing.

VI. Melanjutkan latihan merasa badan bagian demi bagian, dilatih merasakan dari dalam. Selanjutnya diajak mengenali tujuh penyebab penyakit.

VII. Diawali dengan penjelasan tempat munculnya gangguan kesehatan dan cara menyembuhkan dengan teknik Meditasi Kesehatan Bali Usada. Dilanjutkan dengan latihan bersama.

VIII. Bermeditasi bersama untuk merasakan badan lebih detail dan penjelasan tentang bagaimana membantu keluarga dekat dengan teknik Meditasi Kesehatan Bali Usada.