Radiologi - :: Charitas Hospital Palembang

 

Radiologi

Pelayanan Instalasi Radiologi Charitas Hospital Palembang mempunyai tujuan untuk memberikan pelayanan pemeriksaan radiologi profesional yang terus dikembangkan berupa :

1. CT Scan : Singkatan dari Computerized Tomography Scan, suatu alat pencitraan atau perosedur medis untuk menggambarkan bagian-bagian tubuh tertentu menggunakan bantuan Sinar-X khusus. Dibandingkan dengan foto rontgen, CT Scan lebih detil karena mengambil gambar dari potong-potongan organ yang diperiksa.

Pemeriksaan CT Scan terletak di Lantai 1 Gedung Lama dan Lantai 1 Gedung Rawat Jalan

2. Magnetic Resonance Imaging (MRI) 1,5 Tesla : adalah salah satu cara dokter memeriksa dan menghasilkan gambar organ, jaringan, dan sistem rangka dengan resolusi tinggi. Hal itu nantinya dapat membantu dokter mendiagnosis berbagai masalah seputar kesehatan Anda. MRI (Magnetic Resonance Imaging) merupakan suatu alat diagnostik mutakhir untuk memeriksa dan mendeteksi tubuh anda dengan menggunakan medan magnet yang besar dan gelombang frekuensi radio, tanpa operasi, penggunaan sinar X, ataupun bahan radioaktif. selama pemeriksan MRI akan memungkinkan molekul-molekul dalam tubuh bergerak dan bergabung untuk membentuk sinyal-sinyal. Sinyal ini akan ditangkap oleh antena dan dikirimkan ke komputer untuk diproses dan ditampilkan di layar monitor menjadi sebuah gambaran yang jelas dari struktur rongga tubuh bagian dalam.

Pemeriksaan MRI terletak di Lantai 1 Gedung Lama dan Lantai 1 Gedung Rawat Jalan

3. Thorax Foto : adalah foto dada yang menunjukkan jantung, paru-paru, saluran pernapasan, pembuluh darah, dan nodus limfa. Thorax Foto (Rontgen Dada) juga bisa menunjukkan tulang belakang dan dada, termasuk tulang payudara, tulang rusuk, tulang selangka, dan bagian atas tulang belakang.

Pemeriksaan Thorax Foto terletak di Lantai 1 Gedung Lama (pasien rawat inap) dan Lantai 1 Gedung Rawat Jalan (pasien rawat inap).

4. Ultrasonography (USG) : adalah sebuah tes pemeriksaan yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menggambarkan kondisi organ-organ dalam tubuh.

Pemeriksaan USG terletak di Lantai 1 Gedung Lama (pasien rawat inap) dan Lantai 3 Gedung Rawat Jalan (pasien rawat inap) unit Medical Check Up (MCU)

5. Panoramic : adalah adalah salah satu foto Rontgen yang digunakan dalam kedokteran gigi untuk mendapatkan gambaran gigi dan jaringan lunak di sekitarnya.

6. Histerosalpinography (HSG) 

adalah  pemeriksaan dengan menggunakan sinar Rontgen (sinar-X) untuk melihat kondisi rahim dan daerah di sekitarnya. Pemeriksaan ini umumnya dilakukan pada wanita yang memiliki masalah infertilitas atau keguguran yang berulang. Histerosalpingografi bisa disebut juga sebagai uterosalpingografi.

Fluoroskopi