Central Sterile Suplly Department (CSSD) - :: Charitas Hospital Palembang

 

Central Sterile Suplly Department (CSSD)

Charitas Hospital Palembang  memiliki suatu unit pelayanan dalam pengelolaan peralatan medis. Unit ini disebut Intalasi Pusat Sterilisasi atau Central Suply Sterile Department (CSSD). CSSD RS  RK Charitas adalah suatu unit kerja yang memproduksi atau menyediakan Barang dan Peralatan Steril seperti Barang Medis Habis Pakai (BMHP) steril,  instrument steril , linen steril dll untuk kebutuhan Bagian/Instalasi /Unit Pelayanan Terpadu  dan jejaring pelayanan kesehatan lainnya.

Dengan tenaga yang profesional dan tersertifikasi dalam bidang sterilisasi serta didukung dengan fasilitas dan system yang dapat diandalkan serta harga yang terjangkau, CSSD RS RK Charitas Palembang menjamin  sterilitas bagi peralatan medis yang dikelola.

CSSD Charitas Hospital Palembang  juga membuka kerjasama kepada unit-unit, pelayanan kesehatan, praktek mandiri dan Rumah Sakit di Kota Palembang dan sekitarnya untuk bersama sama menjaga pelayanan kepada masyarakat  melalui pemakaian peralatan medis yang steril dan layak digunakan.

Jenis Pelayanan CSSD :

Paket Harga Terjangkau :

Tahapan Dekontaminasi adalah  Pembersihan/Pre Cleaning, Desinfeksi dan Sterilisasi

  1. Pembersihan/Pre Cleaning,  yaitu : Suatu proses untuk menghilangkan / membersihkan kotoran yang melekat pada peralatan medis (bekas pakai) dengan menggunakan detergen/enzym, air mengalir dan sikat. Mengapa perlu tahapan ini : ??? karena : Darah, cairan tubuh pasien dan kotoran lain yang tertinggal akan menimbulkan dampak yang serius  à menimbulkan infeksi bila masuk kedalam luka
  2. Desinfeksi, yaitu : Suatu proses untuk menghilangkan / mengurangi jumlah mikroorganisme (Virus, bakteri, parasit, fungi dan spora) kecuali endospora pada permukaan benda / peralatan dengan menggunakan panas (thermal), bahan kimia (cairan disinfektan) atau keduanya.
  3. Sterilisasi, yaitu : Suatu proses untuk menghilangkan / memusnahkan semua bentuk mikroorganisme termasuk endospora pada peralatan, dapat dilakukan dengan proses fisika atau kimia dengan menggunakan alat yang disebut  Sterilisator.

Menurut dr. Earl Spaulding peralatan medis tersebut dibagi 3 jenis yaitu :

  1. Peralatan medis kritikal, yaitu : Peralatan masuk atau dipergunakan & berhubungan dengan jaringan steril atau sistem pembuluh, peredaran darah dan saraf, Misal : peralatan medis untuk operasi,kateter jantung  dan perawatan gigi. Peralatan Medis ini wajib disterilkan dengan sterilisator
  2. Peralatan medis semi  kritikal, yaitu : Peralatan dipergunakan akan kontak dengan membran mukosa, Misal : selang oksigen dan masker oksigen. Peralatan medis ini disterilkan dengan Desinfectan Tingkat Tinggi (DTT)
  3. Peralatan medis non kritikal, yaitu : Peralatan dipergunakan hanya kontak dengan permukaan kulit saja, misal : alat pengukur darah dan stetoskop. Peralatan medis ini dilakukan Pembersihan menggunakan deterjen  atau alkohol 70%.

Informasi lebih lanjut, Hubungi Unit CSSD Charitas Hospital Palembang : 

Telp. 0711-353375 Ext. 422