HCU (High Care Unit) - :: Charitas Hospital Palembang

 

HCU (High Care Unit)

High Care Unit (HCU) adalah unit pelayanan di Charitas Hospital Palembang bagi pasien dengan kondisi respirasi, hemodinamik, dan kesadaran yang stabil yang masih memerlukan pengobatan, perawatan dan observasi secara ketat. Pelayana HCU adalah pelayanan medik pasien dengan kebutuhan memerlukan pengobatan, perawatan dan observasi secara ketat dengan tingkat pelayanan yang berada diantara ICU dan ruang rawat inap (tidak perlu perawatan ICU namun belum dapat dirawat di ruang rawat biasa karena memerlukan observasi yang ketat).

Tujuan ataupun fungsinya adalah agar bisa diketahui secara dini perubahan-perubahan yang membahayakan, sehingga bisa dengan segera dipindah ke ICU untuk dikelola lebih baik lagi.

Ruang Rawat Inap HCU

Kriteria pasien dirawat di HCU, berdasarkan :

  1. Sistem Kardiovaskular : Kemungkinan terjadi infark miokard kecil ; menyisihkan adanya infark miokard, infark miokard dengan hemodinamik stabil, gagal jantung kongestif ringan - sedang ; hypertensi urgency tanpa kerusakan organ target.
  2. Sistem Respirasi : Pasien dengan gangguan respirasi pasca lepas ventilator dengan kondisi stabil, Pasien dengan respirasi dengan potensi mengalami gangguan hemodinamik atau resiko memburuk ; Pasien dengan gangguan respirasi yang memerlukan pemantauan tanda vital.
  3. Sistem Neurologi : Pasien dengan trauma kepala akut dengan GCS > 9 yang memerlukan monitoring karena alasan resiko terjadinya penurunan fungsi neurologi ; Pasien trauma kepala dengan kondisi stabil yang memerlukan pengaturan posisi dan fisioterapi paru ; Pasien dengan cedera cervical spinal cord dalam kondisi stabil.
  4. Sistem Gastro Intestinal : Pasien dengan perdarahan gastrointestinal dengan penurunan hemodinamik ; Gagal hati akut dengan hemodinamik stabil.
  5. Sistem Endokrin / Gangguan Metabolic : Pasien dengan ketoasidosis yang memberlukan terapi insulin intravena ; Pasien dengan koma metabolic lain (koma hiperomuskular, uremikum, tirotoksis).
  6. Pembedahan : Pasien pasca operasi, hemodinamik stabil namun memerlukan resusitasi cairan dan transfusi ; Pasien pasca operasi yang memerlukan monitoring ketat.
  7. Intoksikasi Obat : Pasien yang memerlukan monitoring hemodinamik, neuologi dan respirasi akibat overdosis atau intoksikasi obat.
  8. Indikasi lainnya : Syok septic ; Pasien yang secara umum memerlukan pemantauan monitoring hemodinamik ; Pasien DBD yang mengalami syok.

Nurse Station (Pos Perawatan) HCU