Berita :: Charitas Hospital Klepu

 

Berita

Lomba Dance Hand Hygiene

13 Juli 2018 22:56:05 WIB
 

LOMBA "HAND HYGIENE DANCE" di Aula | Jum'at, 4 Mei 2018, dalam rangka Hari Cuci Tangan Sedunia (5 Mei 2018) dan NURSE DAY

Health-care Associated Infections (HAIs)” merupakan komplikasi yang paling sering terjadi di pelayanan kesehatan. HAIs selama ini dikenal sebagai Infeksi Nosokomial atau disebut juga sebagai Infeksi di Rumah Sakit. ”Hospital-Acquired Infections” merupakan persoalan serius karena dapat menjadi penyebab langsung maupun tidak langsung kematian pasien. Kalaupun tak berakibat kematian, pasien dirawat lebih lama sehingga pasien harus membayar biaya rumah sakit yang lebih banyak.

Infeksi nosokomial atau infeksi yang terjadi di rumah sakit, saat ini disebut sebagai Healthcare Associated Infection (HAIs), adalah infeksi yang berhubungan dengan asuhan pelayanan kesehatan. HAIs merupakan masalah yang menjadi penyebab langsung maupun tidak langsung kematian pasien. Infeksi ini bisa ditularkan dari pasien ke petugas maupun sebaliknya, pasien ke pengunjung atau sebaliknya, serta antar orang yang berada di lingkungan rumah sakit. Kejadian infeksi ini dapat menghambat proses penyembuhan dan pemulihan pasien, bahkan dapat menimbulkan peningkatan morbiditas, mortalitas, dan memperpanjang lama hari rawat atau length of stay (LOS), sehingga biaya meningkat dan akhirnya menyebabkan mutu pelayanan di institusi pelayanan kesehatan akan menurun. Tak dipungkiri lagi untuk masa yang akan datang akan timbul tuntutan hukum bagi institusi pelayanan kesehatan.

Untuk itu kenapa saat ini kegiatan cuci tangan benar – benar di galakkan untuk menjadi suatu budaya bagi kita terutama sebagai tenaga kesehatan? Karena tangan adalah media transmisi patogen tersering di Rumah Sakit. Maka perlu anda ketahui juga bahwa kebersihan tangan saat ini merupakan indikator kualitas patient safety, karena kegagalan dalam melakukan cuci tangan merupakan penyebab utama infeksi nosokomial, penyebaran mikroorganisme multi resisten di fasilitas pelayanan kesehatan dan merupakan kontributor terhadap timbulnya wabah. Menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan adalah metode paling mudah dan efektif dalam pencegahan terjadinya HAIs.

Oleh karena itu dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia dan Nurse Day, maka Rumah Sakit RK.Charitas akan mengadakan gerakan pencegahan infeksi di Rumah Sakit RK.Charitas dalam kegiatan lomba Hand Hygiene Dance yang melibatkan seluruh perawat RS RK Charitas.

Tujuan umum kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kepatuhan karyawan Rumah Sakit terhadap kebersihan tangan.

Tujuan Khususnya adalah Perawat patuh dalam melakukan kebersihan tangan, Perawat mengetahui pentingnya melakukan kebersihan tangan, Perawat dapat memperaktekkan cara melakukan kebersihan tangan yang benar, Perawat dapat berpartisipasi dalam perayaan Nurse Day dalam lomba Hand hygiene Dance.

img
25 Jun2021

Obesitas