Klinik KIA dan Imunisasi - :: Charitas Hospital Kenten

 

Klinik KIA dan Imunisasi

KIA dan Klinik Imunisasi RS. Karya Asih Charitas 

Melayani :

1. Pemeriksaan Kehamilan oleh Bidan

2. Perawatan tali Pusat

3. Tindik telingan bayi

4. Vaksin Wajib dan yang dianjurkan oleh Kementrian Kesehatan baik anak dan dewasa

layanan : 

KIA :

Senin - Sabtu jam 08.00 - 14.00 Wib 

Imunisasi :

Biaya Vaksinasi yang murah tetapi sangat efektif dalam menurunkan penyakit infeksi. Vaksinasi anak telah menyelamatkan lebih dari 2 juta kematian setiap tahunnya. Imunisasi pada orang dewasa dapat mencegah kematian 100 kali lipat akibat penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin dibandingkan dengan vaksinasi pada anak (American Society of Internal Medicine (Atlanta, AS)

Jadwal Disesuaikan dengan IDAI 

Penyakit - penyakit yang dapat dicegah oleh VAKSINASI :

Difteri 

Disebabkan oleh bakteri Coorynebacterium difteriae yang menyerang dan menyumbat saluran nafas, racunnya dapat melumpuhkan otot jantung dan serabut saraf.

Pertusis

Disebabkan oleh kuman Pertusis yang menyerang saluran pernafasan atas, menimbulkan batuk hebat yang panjang dan terus menerus. Dapat menyebabkan infeksi telinga dalam dan radang paru.

Tetanus

Disebabkan oleh kuman Clostridium Tetani yang masuk melalui luka yang kotor, gigi yang berlubang, infeksi telinga dalam, dan pemotongan tali pusat yang tidak steril. Racunnya menyerang saraf otot sehingga mulut sukar dibuka, tubuh kejang dan kaku.

Tuberkulosis

Disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosis dan Mycobacterium bovis. TBC paling sering menyerang paru, namun dapat juga menyerang otak, tulang, kelenjar, dll.

Polio

Disebabkan oleh virus Polio yang menyerang pusat saraf otot sehingga menyebabkan kelumpuhan otot yang menetap. Vaksin diberikan segera setelah lahir.

Hepatitis B

Disebabkan oleh virus Hepatitis B yang menyerang sel-sel hati. Bila berlangsung lama (kronis) dapt menyebabkan kanker hati dan berakhir pada kematian. Vasin HB pertama (monovalen) paling baik diberikan dalam waktu 12 jam setelah lahir dan didahului pemberian suntikan vitamin K 30 menit sebelumnya. Baya yang lahir dari Ibu dengan HBsAg positif, diberikan vaksin dan Imunoglobulin Hepatitis B. Apabila HB kombinan dengan DPTw maka jadwal pemberiannya usia 2, 4 dan 6 bulan. Jadwal pemberian vaksin monovalen adalah usia 0, 1, 6 bulan.

Influenza

Disebabkan oleh virus Influenza A dan B yang menyerang saluran nafas, sehingga menimbulkan flu berat. Vaksin diberikan pada usia lebih dari 6 bulan, diulang setiap tahun.

Campak

Disebabkan oleh virus Campak dan menyebar dengan mudah. Gejala berupa demam, kemerahan kulit, dapat menyebabkan komplikasi seperti infeksi telinga atau pneumonia.

Haemophilus Influenza tipe B (Hib)

Disebabkan oleh bakteri Haemophilus Influenza tipe B dan menular melalui udara. Hib dapat menyebabkan meningitis (radang selaput otak) dan pneumonia (radang paru).

Mumps

Disebabkan oleh Paramyxovirus, penyebarannya melalui udara. Mumps atau gondongan biasanya ringan tetapi bisa menyebabkan komplikasi meningitis dan encephalitis.

Rubella

Disebabkan oleh virus Rubella. Pada anak, Rubella merupakan penyakit ringan dan dapat sembuh secara total dengan cepat, namun bagi ibu hamil dapat menimbulkan kecacatan janin dalam kandungan.

Pneumokokus

Disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumonia yang menyebabkan radang paru, radang selaput otak, dan infeksi darah.

Hepatitis A

Disebabkan oleh virus Hepatitis A yang menyerang hati. Penyebarannya melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Tifoid

Disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi, yang menyerang usus dan menyebabkan robekan dinding usus serta dapat menyerang otak.