Berita :: Charitas Hospital

 

Berita

Apakah Anda Termasuk Berisiko Terkena Penyakit Kanker?

04 Februari 2021 10:50:13 WIB
 

Ada pepatah mengatakan “sedia payung sebelum hujan” yang berarti Anda harus mempersiapkan segala sesuatu bahkan untuk kemungkinan terburuk sebelum suatu hal terjadi. Salah satu kemungkinan terburuk mengenai kesehatan Anda adalah bila Anda didiagnosis kanker. Sebelum hal itu terjadi coba pahami apakah Anda termasuk orang yang berisiko terkena penyakit ini.

Risiko terjadinya kanker dapat dipicu oleh suatu senyawa kimia yang selalu kita terima dalam kehidupan sehari–hari. Selain itu, terdapat risiko yang tidak bisa dikontrol seperti umur dan riwayat penyakit keluarga. Dengan memahami risiko munculnya kanker dapat membantu Anda untuk waspada akan kesehatan Anda sendiri.

Beberapa faktor risiko yang perlu diperhatikan sehubungan dengan kanker yaitu:

Kanker merupakan penyakit yang pertumbuhan awalnya cukup lambat, bahkan membutuhkan waktu dalam hitungan tahun. Hal inilah yang menyebabkan kanker umumnya didiagnosis pada orang berumur 65 tahun ke atas. Jenis kanker tertentu juga mempengaruhi usia seseorang terkena kanker, seperti kanker darah biasanya didiagnosis pada orang berumur 20 tahun atau anak – anak.

 

Kebiasaan Anda

Pola hidup Anda mungkin menjadi penentu terjadinya kanker. Risiko terkena kanker meningkat pada perokok aktif dan mereka yang sering minum minuman beralkohol dalam jumlah yang banyak. Selain hal tersebut, kebiasaan lain seperti melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan pengaman, obesitas, dan sering terpajan cahaya matahari juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker. Cobalah untuk melakukan pola hidup sehat. Tidak ada salahnya untuk meninggalkan hal–hal yang hanya merugikan diri Anda.

 

Riwayat Kesehatan Keluarga Anda

Walau hanya berperan sebagian kecil dan bukan menjadi faktor yang utama tapi tidak ada salahnya untuk tahu apakah dalam keluarga Anda terdapat riwayat penyakit kanker. Mungkin saja keluarga Anda termasuk dalam keluarga yang memiliki kanker dan menurunkannya dari generasi ke generasi. Namun, perlu diketahui bahwa berasal dari keluarga dengan riwayat kanker bukan berarti Anda pasti terkena kanker juga. Dengan mengetahui riwayat keluarga Anda maka Anda dapat melakukan deteksi dini kanker.

 

Kondisi Kesehatan Anda

Kondisi kesehatan Anda merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Merasakan nyeri atau mengalami luka pada bagian tertentu dalam waktu lama dapat menjadi faktor risiko terjadinya kanker. Hormon dalam tubuh Anda juga akan mempengaruhi kesehatan Anda, terutama wanita yang sedang menjalani terapi hormon karena menopause dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara. Segera konsultasikan dengan dokter Anda apabila Anda mengalami gejala-gejala tersebut.

 

Lingkungan Anda

Terdapat banyak hal dalam lingkungan di sekitar Anda yang mungkin menyebabkan Anda terkena kanker, seperti berada di dekat perokok atau tinggal bersama seorang perokok akan membuat Anda menjadi seorang perokok pasif yang meningkatkan risiko mengalami kanker.

 

Referensi:

http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cancer/basics/risk-factors/con-20032378
http://www.cancer.net/navigating-cancer-care/prevention-and-healthy-living/understanding-cancer-risk
https://www.cancer.gov/about-cancer/causes-prevention/risk

 

Bersama kita berjuang melawan kanker,

CHARITAS HELPLINE

UNIT KEMOTERAPI

CHARITAS HOSPITAL PALEMBANG

0711 - 353375 ext. 771