Berita :: Charitas Hospital

 

Berita

Cegah Kanker dengan Perilaku CERDIK!

04 Februari 2021 10:35:48 WIB
 

Pencegahan merupakan suatu tindakan awal yang dapat dilakukan oleh Anda. Salah satu hal yang perlu dicegah adalah kanker. Cegahlah kanker sebelum terlambat. Mungkin banyak timbul pertanyaan, bagaimana cara yang tepat untuk mencegah kanker tersebut dan mungkin ada yang berpikir bahwa kanker tidak bisa dicegah. Cegah kanker dengan perilaku CERDIK.

Cek Kesehatan Secara Rutin

Jangan lupa untuk cek kesehatan Anda secara berkala. Saat ini, terdapat banyak tempat yang memberikan fasilitas untuk pemeriksaan kesehatan. Walaupun Anda merasa sehat, tetap lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Mengetahui keadaan tubuh Anda secara rutin bukanlah hal yang susah untuk dilakukan. Anda dapat berkunjung ke apotek terdekat atau rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Setelah mengetahui hasil pemeriksaan kesehatan Anda, Anda akan mengetahui apa yang harus Anda lakukan atau tidak boleh dilakukan dengan tubuh Anda.

Enyahkan Asap Rokok

Rokok tidak baik bagi tubuh Anda. Jika Anda perokok, segera berhenti merokok dalam bentuk apapun baik rokok batangan atau elektrik. Jauhi asap rokok sehingga Anda tidak menjadi perokok pasif yang menghirup asap rokok tersebut. Memang tidak mudah untuk melakukan hal ini di Indonesia, namun berusahalah dengan keras maka Anda dapat berhasil mengenyahkan asap rokok tersebut.

Rajin Aktivitas Fisik

Lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, walaupun hanya menyapu, membersihkan rumah, atau mencuci mobil. Hal tersebut dapat membuat tubuh Anda bekerja lebih baik dan mencegah banyak penyakit. Biasakan diri Anda untuk bergerak dan hilangkan rasa malas yang kerap muncul pada diri Anda. Hilangkan kebiasaan makan dan tidur saja. Tambahkan olahraga ringan seperti berjalan atau melakukan peregangan badan seperti senam, atau yang lainnya dalam agenda Anda.

Diet Seimbang

Makanan yang Anda makan perlu dijaga sebagai langkah awal pencegahan. Lakukan diet dengan nutrisi yang seimbang, tidak berlebihan dan tidak berkekurangan untuk semua nutrisi yang diperlukan tubuh Anda. Tidak ada hal yang berat dan susah bila Anda memilki niat untuk melakukannya.

Istirahat Cukup

Tubuh Anda boleh fit dan sehat bahkan bisa bekerja hingga larut. Tapi ingatlah, tubuh Anda juga butuh istirahat. Berikan waktu yang cukup untuk tubuh Anda beristirahat. Hal tersebut akan berpengaruh pada kesehatan Anda. Tidur minimal 7-8 jam sehari akan membuat tubuh Anda menjadi lebih segar ketika bangun nantinya. Dengan tubuh yang segar, pekerjaan dan aktivitas yang akan dilakukanpun akan menjadi lancar.

Kelola Stres

Kesehatan mental dan emosi Anda akan memberikan pengaruh pada tubuh Anda. Kelola stres yang Anda hadapi sebelum mejadi pemicu penyakit. Sisihkan waktu untuk melakukan atau melihat hal yang Anda sukai sebagai pembawa kebahagiaan untuk Anda. Hal tersebut akan membuat Anda untuk tidak memikirkan pekerjaan atau orang di sekitar Anda sebagai suatu beban dan berakhir membuat Anda stres. Hidup tentunya akan menjadi jauh lebih menyenangkan apabila Anda hidup tanpa beban pikiran atau stres.

 

Referensi:

http://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2854347/cegah-kanker-dengan-cerdik-dan-waspada
http://www.cancercenter.co.id/pencegahan-kanker/pola-hidup/4407.html

 

 

Bersama kita berjuang melawan kanker,

CHARITAS HELPLINE

UNIT KEMOTERAPI

CHARITAS HOSPITAL PALEMBANG

0711 - 353375 ext. 771